Sunday 10 November 2013

Community Profile: Advance Guard



Advance Guard merupakan wadah komunikasi antara sesama gamer fighting-game yang dibentuk kedalam sebuah working group. Working group ini bekerjasama untuk membina komunitas-komunitas game fighting melalui meet and greet, online talkshow, hingga melangsungkan turnamen-turnamen berskala lokal, nasional, dan internasional. 
1.              Visi dan Misi
Advance guard memiliki 2 (dua) Visi, yaitu:
1)    terciptanya komunitas fighting game yang kuat, luas, dan kompetitif di arena Internasional”.
2)    terciptanya gamer-gamer game-fighting profesional di Indonesia.
Sedangkan Misi dari Advance guard adalah: “menciptakan, menumbuhkan, mengembangkan, dan menguatkan komunitas fighting game di Indonesia”. 
2.              Program
Sebagai sebuah working group, Advance Guard mengembangkan beberapa program dan kegiatan utama, yaitu:

2.1.        AdvanceGuardTv
Advance Guard Webshow merupakan sebuah acara Talkshow secara Online yang terdiri dari serangkaian Web Episodes dan ditayangkan secara LIVE via streaming internet. Advance Guard dapat disaksikan langsung secara LIVE melalui kanal http://www.twitch.tv/joztv setiap hari Minggu siang. Namun bagi yang tidak sempat menyaksikan secara LIVE, dapat menyaksikan episode-episode sebelumnya melalui kanal http://www.youtube.com/advanceguardtv.
Gambar 1. AdvanceGuardTv LIVE shooting
 
2.2.        Advance Guard Tournament Organizer
Sebagai sebuah komunitas Game Fighting, Advance Guard berupaya terus menciptakan dan mempertahankan iklim kompetisi yang tinggi melalui pelaksanaan sejumlah turnamen secara berkala. Turnamen Advance Guard dibedakan kepada 3 (tiga) kategori berdasarkan waktu pelaksanaannya, yaitu Turnamen Tahunan, Turnamen Bulanan, Turnamen Event, dan International Exhibition. 
1)    Turnamen Tahunan (Annual).
a.    Indonesian Fighting Game Championship
Turnamen Tahunan Advance Guard disebut dengan THE INDONESIAN FIGHTING GAME CHAMPIONSHIP (IFGC). Turnamen ini sudah berlangsung dua kali, yaitu pada 11 - 12 Februari 2012 dan 23-24 Februari 2013 di Kampus Binus Internasional, Jakarta Selatan. 
Gambar 2. Dokumentasi Indonesian Fighting Game Championship pada Tahun 2012

Gambar 3. Dokumentasi Indonesian Fighting Game Championship pada Tahun 2013 
b.    Jakarta Game Show
Jakarta Game Show merupakan salah satu event Game terbesar di Jakarta, yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo selaku Event Organizer. Dyandra kemudian bekerjasama dengan Advance Guard untuk menyelenggarakan kompetisi fighting games dan acara-acara lainnya yang masih berhubungan dengan komunitas gaming di tanah air. Event ini mendapat atensi yang sangat besar dari pengunjung dan telah menjadi salah satu barometer dalam perhelatan Turnamen Game Fighting di Indonesia. Jakarta Game Show sudah berlangsung sebanyak dua kali pada tahun 2012 dan 2013.  
Gambar 4. Jakarta Game Show November 2012
c.     Indonesian Game Festival 2013
Indonesian Game Festival 2013 adalah even yang diselenggarakan pada 9-10 Maret 2013 di Plenary Hall, JCC,  Jakarta. Event ini ditujukan untuk mendorong komunitas-komunitas game fighting untuk menyelenggarakan gathering mereka sendiri. Advance Guard, bekerjasama dengan Dyandra selaku Event Organizer, menyediakan tempat pada Indonesian Game Festival 2013, sementara Komunitas Tekken, Blazblue dan Marvel, dan Komunitas King of Fighter membuat acara mereka sendiri yang terdiri dari turnamen dan pertandingan persahabatan. 
 
Gambar 5. Indonesian Game Festival Maret 2013

2)    Turnamen Bulanan.
a.    TekkenSoy Tournament
TekkenSoy Tournament ini telah berlangsung sepanjang tahun 2011, selama 10 edisi dari bulan Maret 2011 hingga Desember 2011. 
Gambar 6. Dokumentasi TekkenSoY 1 hingga 10 sepanjang Tahun 2011
b.    GS Shop Tournament
GS Shop Tournament merupakan turnamen bulanan yang diinisiasi berdasarkan GS Shop (videogame retailer terbesar di Indonesia) yang telah dilangsungkan selama 4 kali, yaitu pada tanggal 2 Desember 2012, 25 Januari 2013, 5 Mei 2013, dan 25 Juli 2013. 

Gambar 7. Dokumentasi GS Shop Monthly Tournament 

3)    Turnamen Event.
Turnamen Event merupakan turnamen Tahunan dimana Advance Guard menjadi pelaksana turnamen tersebut dengan dukungan dari berbagai sponsorship. Turnamen-turnamen besar yang sudah dilangsungkan adalah:
a.    Turnament VGI Marvelous Arena
Turnamen ini diselenggarakan pada saat event Anime Festifal Asia Indonesia (AFAid) 2012. Advance Guard pada kesempatan ini disponsori oleh Video Games Indonesia dengan membuat turnamen untuk game UMVC3 dan Persona 4. Turnamen ini berlangsung dari tanggal 1-2 September 2012 di PRJ Kemayoran, Jakarta.
Gambar 8. Turnamen VGI Marvelous Arena di AFAid 2012, September 2012
b.    ESWC in Indonesian Games Show 2012
ESWC (Electronic Sports World Cup) Turnamen ini merupakan salah satu kompetisi dari Indonesian Games Show (IGS) 2012, dengan mempertandingkan Tekken Tag Tournamen 2. Turnamen ini berlangsung dari tanggal 12-14 Oktober 2012 di Plenary Hall, JCC, Jakarta. Advance Guard bekerjasama dengan Indotekken.com dalam penyelenggaraan Kualifikasi Tekken. 
Gambar 9. ESWC di Indonesian Games Show 2012

c.     UNTAR FASB Cosmic 2013
Advance Guard bekerjasama dengan Abuget.com mengisi sebuah booth komunitas Fighting Game Community di event ini, yang kemudian mendapatkan sambutan yang tinggi dari para pecinta video games, terutama mahasiswa dari Universitas Tarumanegara. Acara Arts and cultural festival ini diselengarakan oleh Universitas Tarumanegara dan berlangsung pada 7-8 Mei 2013, di Universitas Tarumanegara, Jakarta. 
Gambar 10. UNTAR FASB Cosmic Mei 2013
d.    GeekyNiteBDG
GeekyNiteBDG adalah event yang diselenggarakan oleh Abugetdotcom, Geeks Next Door, dan OtakuOtamu. Advance Guard diundang sebagai tamu khusus untuk memperkenalkan Komunitas Fighting Games Indonesia. GeekyNiteBDG diadakan di Bandung, pada 25 May 2013.
Gambar 11. GeekyNiteBDG Mei 2013
e.    Weekend Garage Fight
Advance Guard juga menyelenggarakan gatherings mingguan. Manakala ada tamu penting, untuk berlattih bersama sebagai persiapan turnamen yang akan datang atau hanya sekedar untuk bersenang-senang. Weekend Garage Fight telah diadakan sebanyak tiga kali. 
Gambar 12. Weekend Garage Fight
 
4)    International Exhibition
Untuk membangun hubungan yang baik dengan komunitas fighting game luar negeri, Advance Guard telah mendukung terlaksananya dua kali pertandingan eksebisi antara Indonesia dengan negara lain.
Pertandingan 10v10 Soul Calibur V dengan Singapore pada 16 November 2012, Hasil: Indonesia 06-10 Singapore. Singapore menang. 
 
Gambar 13. Pertandingan Online Soul Calibur V denagn Singapore


Pertandingan Super Street Fighter IV Arcade Edition ver 2012 dengan Malaysia, pada 8 Juni 2013, hasil: Indonesia 10-4 Malaysia. Indonesia menang.
Gambar 14. Pertandingan Online Super Street Fighter IV Online dengan Malaysia
2.3.        Advance Guard PODCAST

Merupakan diskusi secara online antara kru Advance Guard yang mendiskusikan tentang topik-topik yang sedang hangat di komunitas lokal, nasional dan internasional.  
Gambar 15. Advance Guard PODCAST

2.4.        Advanced Guard Radio
Merupakan sesi diskusi, perbincangan ringan, dan membahas hal-hal yang trending di dunia game secara umum yang diiringi dengan musik-musik terpilih.

2.5.        Advanced Gaming Apparels
Advanced Gaming Apparels merupakan salah satu program Advance Guard dalam pembuatan apparels (pakaian) dengan desain orisinil dari Advance Guard.
http://www.facebook.com/AdvancedGamingApparels.
 
Gambar 16. Advanced Gaming Apparels


No comments:

Post a Comment